digo dan sisi

Sinopsis Film Mahabharata ANTV

Rabu, 21 Mei 2014

Share/Bookmark
Sinopsis Film Mahabharata ANTV
The Legend of Pandawa Brothers, Art by: griffin45nn9z | elangkarosingo.deviantart.com
Secara keseluruhan, cerita Mahabharata menceritakan kehidupan dari Prabu Santanu atau Sentanu (Çantanu). Prabu Santanu sendiri adalah seorang raja yang berketurunan keluarga Kuru yang menjadi raja di kerajaan Barata. Prabu Santanu mempunyai permaisuri bernama Dewi Gangga, dan berputra Bisma.

Pada suatu hari, Prabu Santanu jatuh cinta pada seorang anak nelayan yang bernama Setyawati. Namun, ayahanda dari Setyawati hanya mau memberikan putrinya jika Prabu Santanu mau menobatkan anak dari Setyawati sebagai putra mahkota pewaris tahta dan bukannya Bisma. Karena syarat yang begitu berat ini Prabu Santanu terus bersedih. Melihat hal tersebut, Bisma pun merelakan haknya atas tahta di Barata untuk putra yang kelak lahir dari Setyawati. Bahkan, Bisma berjanji untuk tidak menuntut itu kapan pun dan Bisma juga berjanji untuk tidak menikah agar kelak tidak mendapat anak untuk mewarisi tahta dari Prabu Santanu.
Perkawinan Prabu Santanu dan Setyawati melahirkan dua orang putra yang masing-masing bernama Citranggada dan Wicitrawirya. Namun kedua putranya ini meninggal dalam pertempuran tanpa meninggalkan keturunan. Karena takut punah keturunan raja, Setyawati pun memohon kepada Bisma agar menikahi mantan menantunya yang di tinggal mati oleh Wicitrawirya, masing-masing Ambika dan Ambalika. Namun permintaan ini di tolak mentah-mentah oleh Bisma mengingat sumpah untuk tidak menikah.

Pada akhirnya Setyawati meminta kepada Wiyasa, anaknya dari perkawinan yang lain untuk menikah dengan Ambika dan Ambalika. Perkawinan dengan Ambika melahirkan Destarasta, lalu perkawinan dengan Ambalika melahirkan Pandu.

Destarasta menikah dengan Gandari dan melahirkan seratus orang anak, sedangkan Pandu menikahi Kunti dan Madrim tapi tidak mendapatkan anak. Nanti ketika Kunti dan Madrim kawin dengan dewa-dewa, Kunti melahirkan 3 orang anak masing-masing dengan dewa Darma lahirlah Yudistira, dengan dewa Bayu lahir Werkodara atau Bima dan dengan dewa Indra lahirlah Arjuna. Sedangkan Madri yang menikah dengan dewa kembar Aҫwin melahirkan anak kembar yang bernama Nakula dan Sadewa.

Selanjutnya, keturunan-keturunan itu di bagi menjadi dua yakni keturunan Destarasta di sebut dengan kaum Kurawa, sedangkan keturunan Pandu di sebut dengan kaum Pandawa.

Sebenarnya Destarasta berhak mewarisi tahta ayahnya, tapi karena Destarasta buta sejak lahir, maka tahta tersebut kemudian di berikan kepada Pandu. Hal inilah yang pada kemudian hari menjadi sumber bencana antara kaum Pandawa dan Kurawa dalam memperebutkan tahta sampai berlarut-larut. Hingga pada akhirnya pecah sebuah perang Dahsyat yang di sebut sebagai Baratayuda yang berarti peperangan memperebutkan kerajaan Barata.

Peperangan di awali dengan aksi judi, di mana kaum Pandawa kalah. Kekalahan ini membuat kaum Pandawa harus mengembara di hutan selama dua belas tahun. Setelah itu, pada tahun ke-13 sesuai perjanjian dengan Kurawa, para Pandawa harus menyembunyikan diri di tempat-tempat tertentu. Namun para Pandawa memutuskan untuk bersembunyi di istana Raja Matsyapati. Pada tahun berikutnya, para Pandawa menampakkan diri mereka di muka umum lalu menuntut hak mereka kepada Kurawa. Namun, tuntutan mereka tidak di penuhi oleh kaum Kurawa hingga perang 18 hari yang menyebabkan lenyap nya kaum Kurawa. Dengan demikian, kaum Pandawa dengan leluasa mengambil alih kekuasaan di kerajaan Barata.

Nilai Pendidikan Hindu yang terkandung dalam cerita Mahabharata.
Satya Wacana dan Satya Semaya
Bisma yang menjalankan Sukla Brahmacari sesuai dengan janji yang pernah di ucapkannya.

Dharma Agama dan Dharma Negara
Drona dan Bisma yang mati-matian membela Negara. Arjuna dan Pandawa lainnya berperang untuk menegakkan keadilan.

Lobha
Duryodana ingin menguasai Astina sepenuhnya, sampai Indraprasta pun ingin di kuasai.

Guru Bhakti
Pandawa tetap menghormati gurunya walaupun dalam medam perang. Karena yang memotong ibu jarinya di persembahkan untuk menghormati gurunya Drona.

Artikel ini di kutip dari Rah-Toem, semoga dapat berguna dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Samsung

Android

Info Komputer & Elektronik

Tips Trik